Inilah Alasan Mengapa Harus Sering Membersihkan Rice Cooker Di Rumah, Gak Mau Kan Nasi Kamu Jadi Ada Aroma Rasa Cicak Panggang!

Di masa kini, memasak dan menghangatkan nasi makin mudah dengan hadirnya magic jar atau rice cooker. Tinggal klik, maka nasi akan matang seberapa saat kemudian.

Walau praktis, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan magic jar dan rice cooker. Kadang ada saja magic jar atau rice cooker yang bagian luarnya terkena tumbukan kerak nasi atau terkena uap memasak nasi. Akhirnya magic jar dan rice cooker tampak kotor dan menurunkan selera makan.

Karena itu, inilah cara membersihkan magic jar dan rice cooker yang bisa Anda lakukan.

Bagian Dalam Magic Jar atau Rice Cooker

Bagian dalam yang bisa dilepas dapat Anda cuci dengan air seperti biasa. Pastikan tidak ada sisa kerak nasi di bagian dalam yang tersisa, karena bisa membuat nasi cepat basi. Cara membersihkannya:

  • Buang sisa nasi.
  • Biarkan bagian dalam magic jar atau rice cooker dingin. Karena dalam kondisi masih hangat atau panas, jika terkena air dingin bisa membuat permukaan mengelupas.
  • Jika sudah dingin, baru rendam dengan air agar kerak nasi lunak dan mudah dibersihkan.
  • Cuci bagian dalam dan luar dengan spons lembut, bilas hingga bersih.
  • Lap hingga kering atau angin-anginkan hingga kering, baru gunakan seperti biasa.

Bagian Luar Magic Jar atau Rice Cooker

Bagian luar ini adalah bagian terluar yang biasanya diabaikan kebersihannya, padahal penting agar magic jar atau rice cooker tidak tampak kotor. Cara membersihkannya:

  • Cabut aliran listrik magic jar. Paling bagus jika magic jar tidak sedang digunakan.
  • Ambil kain bersih dan beri air, peras.
  • Lap bagian luar magic jar, termasuk di bagian bibir magic jar yang sering terkena uap.
  • Bersihkan juga bagian penampung uap, cuci bersih jika bisa dilepas dan bisa dicuci. Lalu pasang kembali.
  • Bongkar bagian bawah, buka baut bautnya dengan obeng biasanya banyak bersarang cicak panggang atau kecoa didalamnya hiiiiii......bersihkan dan pasang kembali
  • Angin-anginkan hingga sisa air kering.


Cara Menghilangkan Bau Pada Rice Cooker

Jika rice cooker Anda berbau coba lakukan empat tindakan seperti di atas untuk meminimalisir bau yang muncul. Tapi jika sudah dilakukan empat langkah tersebut tapi rice cooker juga masih juga bau berikut adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membersihkan panci rice cooker. Jika panci tidak bersih juga dapat menimbulkan bau tidak sedap. Untuk hasil maksimal, rendam panci dalam sebuah ember berisi air hangat dengan sabun cair khusus mencuci piring.

Proses ini akan membantu melepas lapisan kerak dan bakteri yang mungkin menempel pada bagian dalam dan bagian luar panci.
Periksa tabung pembuangan air, cabut dan bersihkan secara menyeluruh sampai bersih. Sampai benar-benar tidak mengeluarkan bau lagi. Caranya, bisa direndam bersamaan dengan panci rice cooker tadi yaitu menggunakan air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair.

Perhatikan bagian dalam rice cooker, jika berkerak coba bersihkan menggunakan campuran baking soda dan sedikit cuka masak. Ketika bersih, bagian yang barusan dibersihkan harus benar-benar dibersihkan kalau tidak cuka akan meninggalkan bau yang tidak sedap. Atau agar lebih aman, bisa gunakan odol untuk membantu menghilangkan keraknya.

Periksa lempeng penutup rice cooker. Jika lempeng bisa dilepas sebaiknya ikut direndam bersama teflon rice cooker tadi agar bersih maksimal.

Yang terakhir yang sering dilupakan adalah membersihkan bagian luar rice cooker. Gunakan lap basah yang bersih untuk memastikan tidak ada debu atau nasi mengering disekeliling bagian luar rice cooker.

Jika ketika memasak nasi Anda masih juga berbau berarti ada yang salah dengan cara Anda mencuci bersanya, coba pelajari cara memasak nasi di magic com agar tidak cepat basi karena bisa saja proses yang Anda lakukan untuk memasak nasi tidak benar atau kurang tepat sehingga nasi menjadi cepat basi dan tentunya berbau. Cara menanak nasi dengan rice cooker yang salah secara terus menerus juga dapat membuat rice cooker Anda ikutan berbau.

Tag : Informasi, Ragam, Tips
Back To Top